Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan, dan Kompetensi Dosen Terhadap Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas di Surabaya

Authors

  • Ikhza Prabuana Bekti Universitas Narotama Surabaya
  • Reswanda Universitas Narotama, Surabaya, Indonesia
  • Cita Sophia Asa Universitas Narotama, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29138/jkis.v2i2.44

Keywords:

Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar

Abstract

Dalam sebuah lembaga pendidikan, motivasi sangat dibutuhkan untuk menunjang keberlangsungan pembelajaran.  Ada beberapa faktor untuk menunjang motivasi belajar pada mahasiswa yaitu fasilitas, kualitas pelayanan dan kompetensi dosen yang memadai dan sesuai standar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel fasilitas, Kualitas pelayanan dan kompetensi dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas di Surabaya baik secara parsial maupun secara simultan (bersamaan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang pada prosesnya menggunakan data berupa angka. Populasi yang digunakan adalah 256 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Semester 3, 5, dan 7 Universitas di Surabaya. Sample yang digunakan berjumlah 72 mahasiswa dengan menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 10% dan menggunakan teknik random sampling. Hasil persebaran kuesioner tersebut diolah menggunakan teknik Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan : 1) Terdapat pengaruh signifikan dan negatif fasilitas terhadap motivasi belajar dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien sebesar -0,150. 2) Terdapat pengaruh signifikan dan positif kualitas pelayanan terhadap motivasi belajar dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien sebesar 0,112. 3) Terdapat pengaruh signifikan dan positif kompetensi dosen terhadap motivasi belajar dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien sebesar 0,215. 4) Fasilitas, Kualitas Pelayanan, dan Kompetensi Dosen secara simultan berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan ditunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 75,4%.

 

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Prabuana Bekti, I., Reswanda, & Asa, C. S. (2024). Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan, dan Kompetensi Dosen Terhadap Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas di Surabaya. Jurnal Kompetensi Ilmu Sosial, 2(2), 64–73. https://doi.org/10.29138/jkis.v2i2.44