Pengaruh Motivasi Kerja, Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Food dan Baverage Restoran di Jawa Timur

Authors

  • Fariz Syawal Al Afif Universitas Narotama
  • Gema Merdeka Universitas Narotama, Surabaya, Indonesia
  • I Nyoman Sudapet Universitas Narotama, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29138/jkis.v2i2.50

Keywords:

Motivasi Kerja, Beban Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Motivasi Kerja (X1), Beban Kerja (X2), dan Lingkungan Kerja (X3) terhadap Kinerja Karyawan (Y) di Restoran Genki Sushi Surabaya. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data berupa angka, responden sebanyak 35 karyawan yang diukur melalui kuesioner dan sampel diambil secara jenuh. Hasil analisis menggunakan Teknik Analisis Linier Berganda dengan SPSS menunjukkan bahwa uji parsial pada Motivasi Kerja (X1) tidak signifikan terhadap kinerja karyawan (0,334> 0,050), sedangkan Beban Kerja (X2) signifikan dan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan (0,004 < 0,050), begitu juga dengan Lingkungan Kerja (X3) yang signifikan dan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan (0,029 < 0,050). Uji simultan menunjukkan bahwa Motivasi Kerja (X1), Beban Kerja (X2), dan Lingkungan Kerja (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,050. Nilai Koefisien Determinasi R2 sebesar 98,3% menunjukkan bahwa Motivasi Kerja, Beban Kerja, Lingkungan Kerja, dan Kinerja Karyawan menjelaskan sebagian besar variasi dalam model, sedangkan sisanya sebesar 1,7% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel Motivasi Kerja, Beban Kerja, dan Lingkungan Kerja secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan pada industri Food & Beverage di Jawa Timur.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Al Afif, F. S., Merdeka, G., & Sudapet, I. N. (2024). Pengaruh Motivasi Kerja, Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Food dan Baverage Restoran di Jawa Timur. Jurnal Kompetensi Ilmu Sosial, 2(2), 74–82. https://doi.org/10.29138/jkis.v2i2.50